70 Persen Sarang Walet Pasar China Berasal dari Indonesia

Sebagai negara penghasil sarang burung walet terbesar, Indonesia berhasil memenuhi hingga 69,9 persen kebutuhan pasar China selama periode Januari-Juli 2021. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih memegang posisi yang sangat strategis dalam pasar global dan menjadikannya sebagai produsen sarang burung walet yang sangat diandalkan di dunia. Dengan kualitas dan kuantitas yang terjamin, Indonesia dapat terus mempertahankan posisinya dalam industri ekspor dan memperkuat perdagangan internasional.


Selama jangka waktu tersebut, importasi sarang burung walet oleh China menghasilkan nilai total mencapai 224,7 juta dolar AS (setara dengan Rp3,2 triliun). Jumlah ini menunjukkan besarnya minat pasar China terhadap Produk Sarang Walet yang sangat dicari sebagai bahan baku kosmetik dan nutrisi karena tingginya kandungan khasiatnya bagi kesehatan kulit dan tubuh manusia. Para eksportir dari berbagai negara harus tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk mereka untuk memenuhi permintaan yang tak henti-hentinya di pasar China yang mapan.

Menurut Atase Perdagangan pada Kedutaan Besar RI di Beijing, Marina Novira Anggraini, sekitar 69,9 persen dari total impor pada periode Januari-Juli 2020 berasal dari Indonesia, yang menunjukkan kenaikan sebesar 31,8 persen jika dibandingkan dengan impor dari China. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia semakin meningkatkan peran dan kontribusinya dalam perdagangan internasional.

Baca Juga: Ekspor Sarang Walet juga Sudah Mencapai Amerika Serikat

Terbukti, hingga saat ini Indonesia masih menjadi kekuatan utama dalam memasok sarang burung walet untuk memenuhi kebutuhan pasar di China. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan industri sarang burung walet di Indonesia sangat menjanjikan dan menunjukkan potensi yang sangat besar untuk terus berkembang di masa depan. Sebagai negara dengan kualitas sarang burung walet yang terbaik di dunia, Indonesia bertanggung jawab untuk memastikan supply dan Kualitas Baik sarang burung walet dalam beberapa tahun ke depan.

Indonesia telah menunjukkan prestasinya sebagai negara dengan produksi sarang burung walet terbesar di dunia. Dalam skala global, sekitar 80 persen dari seluruh sarang burung walet dihasilkan dari Indonesia. Fakta ini sangat menakjubkan. Mengingat hal ini, tidak heran jika Ekspor Sarang Walet menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar bagi negara ini. Kualitas yang sangat baik dan jumlah produksi yang meningkatkan menjadikan burung walet satu dari banyak komoditas ekspor penting bagi Indonesia.



Dalam sebuah pernyataan, dikemukakan bahwa sejak tahun 2015 terdapat enam perusahaan lokal Indonesia yang secara resmi telah tercatat sebagai penghasil sarang burung walet dan telah memberikan pasokan ke pasar perdagangan di China. Hal ini dilaporkan secara eksklusif oleh pelapor tersebut untuk memberikan gambaran mengenai dampak industri sarang burung di Indonesia.

Sejak tahun 2019, Marina menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia melakukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan jumlah Perusahaan Sarang Walet yang telah terdaftar di China. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat hubungan bisnis antara Indonesia dan China serta meningkatkan daya saing produk sarang burung walet Indonesia di pasar dunia. Melalui berbagai strategi dan program pelatihan, diharapkan akan tercipta lebih banyak peluang kerja serta peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat lokal yang terlibat dalam industri sarang burung walet.

Baca Juga: Ekspor Sarang Walet juga Sudah Mencapai Hongkong

Terdapat dua puluh tiga perusahaan Indonesia yang resmi terdaftar di Badan Kepabeanan China (GACC) dan telah berhasil menyalurkan produk-produk mereka ke negara dengan populasi tertinggi di dunia tersebut. Ini menunjukkan adanya komitmen yang tinggi dari para Peternak Walet di Indonesia pada ekspansi pasar global dan tampil sebagai pemain utama dalam bisnis dunia. Melalui inisiatif ini, Indonesia mencoba mengembangkan kekuatan ekonominya di luar wilayah negaranya dan membangun citra sebagai penghasil produk berkualitas tinggi yang dicari oleh masyarakat internasional.  Dengan adanya peningkatan jumlah perusahaan Indonesia yang terdaftar di GACC, diharapkan gambar bisnis Indonesia di mata dunia terus meningkat dan menciptakan kemitraan yang sejalan dengan roda ekonomi global.

Marina mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki reputasi sebagai negara yang menghasilkan sarang burung walet berkualitas terbaik di dunia. Sarang burung walet ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, sehingga seringkali digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan suplemen, obat-obatan, maupun kosmetik. Tak heran jika Indonesia menjadi negara tujuan yang sangat populer bagi para penggemar produk-produk berkhasiat tersebut.

Comments

Popular Posts