Daftar Negara Tujuan Utama Ekspor Sarang Burung Walet

Sarang burung walet (SBW) merupakan salah satu produk ekspor Indonesia yang diminati oleh China. Indonesia berhasil mengekspor sebanyak 288 ribu kg SBW ke China hingga Desember 2022, yang besarnya mencapai sekitar 19% dari seluruh ekspor SBW ke negara-negara lain. Dapat disimpulkan bahwa China adalah salah satu tujuan ekspor terbesar bagi Indonesia dalam hal Sarang Walet.



Tidak hanya China, sebab terdapat pula 23 negara lain yang menjadi sasaran tujuan ekspor sarang burung walet. Dalam hal ini, permintaan dari berbagai negara tersebut cukup tinggi sehingga menjadi peluang bagi para produsen sarang burung walet untuk memperluas pasar mereka. Dari 23 negara tersebut, mungkin ada beberapa yang lebih mengutamakan aspek kualitas dan harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan China. Oleh karena itu, produsen harus terus mengembangkan teknologi, meningkatkan kualitas, dan menciptakan inovasi baru agar dapat bersaing secara global.

Baca Juga: Seminar Mengenai Perbedaan Sarang Walet Asli dan Palsu

Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Wisnu Wasesa Putra, mengutarakan bahwa saat ini terdapat 23 negara yang menjadi tujuan Sarang Walet selain Tiongkok. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi adalah untuk meyakinkan etnis Tiongkok yang tinggal di Amerika dan Australia. Wisnu menyampaikan hal ini saat mengadakan Jumpa Pers di Gedung Kementerian Pertanian di Jakarta Selatan pada Rabu (23/2/2023). Merupakan suatu tugas penting bagi pihak terkait untuk menjamin keamanan kesehatan publik terutama dalam hal pengawasan terhadap masuknya hewan yang berpotensi membawa penyakit baru.



Menurutnya, saat ini pasar-pasar Asia menjadi tujuan utama dalam melakukan ekspor. Dari beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor, Hongkong, Vietnam, dan Malaysia merupakan yang paling tinggi permintaannya. Terdapat beberapa produk yang dikonsumsi di negara-negara tersebut dan ada juga yang diekspor kembali ke Tiongkok setelah diproses lebih lanjut. Hal ini menunjukkan bahwa pasar Asia memiliki potensi yang besar dan perlu terus dikembangkan.

Pada bulan Desember 2022, Indonesia telah mengekspor sebanyak 1.502 ton Sarang Walet ke berbagai negara di seluruh dunia. Menariknya, terdapat sepuluh negara yang menjadi tujuan ekspor SBW terbesar per Oktober 2022. Adapun negara-negara tersebut antara lain... (list 10 negara)

1. Hongkong: 596.994 kg
2. China: 223,285 kg
3. Vietnam: 193.038 kg
4. Malaysia: 39.593 kg
5. Singapura: 36.741 kg
6. Amerika Serikat: 24.168 kg
7. Taiwan: 7.430 kg
8. Australia: 2.106 kg
9. Kanada: 1.655 kg
10. Prancis: 217 kg

Baca Juga: Parfum Walet yang Ampuh Memikat Burung Walet ke Gedung Anda

Menurut Wisnu, ada tambahan informasi mengenai ekspor Sarang Walet. Pada tahun 2022, nilai ekspor sarang burung walet mencapai Rp 23 triliun. Meskipun demikian, Wisnu menyatakan bahwa ada klaim dari Mendag yang menyatakan nilai ekspor mencapai Rp 500 triliun yang tentu saja terlalu besar. Wisnu mengklarifikasi bahwa nilai ekspor sebenarnya berkisar antara Rp 23 triliun. Hal ini menunjukkan betapa besar potensi pasar ekspor sarang burung walet di Indonesia.



Comments

Popular Posts