Lokasi Pembuatan Sarang oleh Burung Walet

Bambu anyaman besek merupakan salah satu jenis bahan yang umumnya digunakan pada pelapisan papan sirip. Hal tersebut dikonfirmasi oleh banyak petani walet yang mencatat bahwa penggunaan besek secara signifikan mempercepat proses penempatan dan pembuatan Sarang Burung Walet. Terlebih, pada kasus pelapis papan sirip yang licin, pemakaian besek terbukti sangat efektif untuk mendukung kesuksesan Budidaya Walet.



Namun masalahnya adalah bahwa besek akan mengalami pertumbuhan jamur jika dipasang di ruangan yang memiliki kelembapan yang tinggi. Rata-rata, pada lantai dasar Gedung Walet, tingkat kelembapannya sekitar 90%. Lantai dasar cenderung lebih lembab daripada lantai di atasnya. Kondisi ini tidak jarang menyebabkan pertumbuhan jamur pada besek. Burung walet tidak suka membuat Sarang Burung Walet pada besek yang terkena jamur karena selain bau apek, besek juga akan licin. Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus dalam memilih lokasi pemasangan besek agar tidak mengalami pertumbuhan jamur yang berlebihan.

Baca Juga: Seminar Mengenai Perbedaan Sarang Walet Asli dan Palsu

Seiring berjalannya waktu, terjadi penurunan laju pertumbuhan populasi yang cukup signifikan. Keluhan sejenis juga dirasakan oleh warga di wilayah Lampung. Hal ini memunculkan polemik terkait faktor-faktor yang berkontribusi terhadap melambatnya pertumbuhan populasi.

"Pak Arief, saya senang melaporkan bahwa populasi burung walet di gedung saya telah mengalami peningkatan sebesar 70% setelah dipasang besek di semua lantai. Namun, pada musim hujan kemarin, besek yang dipasang terutama di lantai dasar menunjukkan tanda-tanda tumbuhnya jamur dengan bercak-bercak putih yang memenuhi besek. Ketika saya meraba besek tersebut, terasa lembut seperti powder. Akibatnya, warna sarang tidak putih melainkan agak keabu-abuan dan jumlah sarang tidak bertambah. Saya ingin bertanya, apakah besek yang terjamur harus saya lepas semua atau cukup disemprot dengan cairan anti-jamur? Saya belum tahu mana yang lebih efektif dilakukan pada saat ini."



Untuk para anggota saya, saya sangat menyarankan untuk melepaskan secara bersamaan semua besek yang terdapat di lantai dasar yang berjamur. Jika ada anak burung di sarang, tunggu hingga mereka bisa terbang dengan baik. Kemudian, segera ganti dengan besek atau tempat makanan plastik. Perlengkapan dapur yang terbuat dari plastik ini, telah diuji coba di beberapa Gedung Walet. Hasilnya sangat memuaskan, burung walet sangat senang menggunakan bahan tersebut untuk bersarang karena mudah ditemukan. Selain itu, bahan plastik juga bebas dari serangan jamur. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengganti bahan sarangmu dengan plastik yang lebih modern dan terpercaya.

Baca Juga: Parfum Walet yang Ampuh Memikat Burung Walet ke Gedung Anda

Setelah merunjuk pada laporan sebelumnya, terdapat kabar gembira yang bisa disampaikan setelah menjalankan program tertentu selama 4 bulan. Menurut member, produksi sarang burung walet menunjukkan peningkatan pesat dengan banyaknya sarang yang dibuat pada media plastik yang digunakan. Tidak hanya itu, member juga merasa lega karena masalah yang sebelumnya sering dihadapinya yakni jamur, tidak lagi menjadi kendala yang mengganggu. Melihat hasil yang memuaskan, member berencana untuk mengubah besek lantai 2 dan lantai 3 dengan mengganti media yang dulu sering bermasalah dengan media serupa yang digunakan pada lantai lainnya.

Comments

Popular Posts