Pemkot Pekanbaru Mengincar Pajak Usaha Sarang Burung Walet

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menetapkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp792 miliar pada tahun 2023, khususnya dari sektor pajak, dengan fokus pada pengelolaan sarang burung walet.



Menurut Kepala Bapenda Pekanbaru, Alek Kurniawan, pihaknya akan terus mengoptimalkan potensi pajak dengan melibatkan organisasi perangkat daerah terkait. Salah satu strategi yang akan dilakukan adalah melakukan pendataan Usaha Burung Walet dengan Dinas Pertanian dan Perikanan. Selain itu, stimulus Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tetap akan diberikan pada tahun ini sesuai arahan Penjabat Walikota. Nilai PBB Rp100.000 akan digratiskan dan nilai PBB antara Rp100.000 hingga Rp500.000 akan diberi diskon 50 persen. Nilai PBB antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000 akan diberi diskon 25 persen dan diskon 50 persen untuk peningkatan status tanah dari Surat Keterangan Ganti Rugi menjadi Sertifikat Hak Milik.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di Pemerintah Kota Pekanbaru telah menetapkan target pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp792 miliar dari sektor pajak pada tahun 2023. Kepala Bapenda Pekanbaru, Alek Kurniawan, mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus mengoptimalkan potensi pajak dengan melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Untuk memenuhi target tersebut, Bapenda akan melakukan beberapa strategi, salah satunya adalah meningkatkan pajak dari sarang burung walet dengan melakukan pendataan usaha Sarang Burung Walet bersama Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan). Selain itu, stimulus Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) akan tetap diberikan dengan nilai PBB Rp100.000 yang digratiskan, diskon 50% untuk nilai PBB antara Rp100.000 hingga Rp500.000 dan diskon 25% untuk nilai PBB antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000. Pihak Bapenda juga memberikan diskon 50% untuk peningkatan status tanah alas hak atau Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM). Semua ini dilakukan agar target PAD sebesar Rp792 miliar bisa tercapai pada tahun 2023. Tujuan dari semua strategi ini adalah untuk mencapai target PAD yang telah ditetapkan oleh Bapenda Pemko Pekanbaru.


Baca Juga: Jasa Pencucian Sarang Walet Olahan

Baca Juga: Suara Walet Lokal dapat Memanggil Walet

Baca Juga: Seminar Pengusaha Walet di Berbagai Wilayah di Indonesia

Comments

Popular Posts