Tata Cara Mengusir Burung Walet Gigas

Apakah kamu tahu tentang burung Walet Gigas? Burung ini mirip dengan burung Walet, tetapi memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan warna bulu hitam yang terdapat bercampur dengan warna putih di pangkal ekornya. Walet Gigas memakan belalang dan serangga lain dengan cara menyambar. Paruhnya tajam dengan ujung yang melengkung seperti elang, dan kuku jarinya pun sangat tajam sehingga perlu hati-hati memegangnya agar tidak terluka. Saat bertelur, Walet Gigas hanya menghasilkan satu butir telur berwarna putih yang lebih besar dibandingkan telur burung Walet biasa. Sarang Burung Walet terbuat dari rumput kering, jerami, dan lapisan air liur yang berwarna coklat. Ukuran sarangnya cukup lebar dan tebal, dan air liurnya tidak bisa dikonsumsi. Burung ini biasanya bersarang di bawah jembatan, tower air yang tinggi, menara masjid, teras ruko, dan juga teras rumah dengan suhu udara sekitar 28-32 derajat Celsius, kelembapan rendah, dan cahaya yang terang. Walet Gigas memiliki kecepatan terbang yang lebih gesit dibandingkan dengan burung Walet lainnya dan hanya hinggap di sarangnya. Namun, burung ini tidak bertengger di kabel listrik. Suaranya juga sangat nyaring dan biasanya terdengar saat burung ini terbang berkejaran di langit. Dengan kukunya yang tajam dan air liurnya yang rekat, Walet Gigas mampu mencengkeram hinggap atau menempel di sudut teras yang agak kasar untuk membuat Sarang Burung Walet. Meskipun terlihat seperti musuh bagi burung Walet, Walet Gigas sebenarnya tidak merupakan ancaman bagi spesies tersebut.



Pada suatu hari di tahun 2005, saya kedatangan kejutan dari 2 orang member yang datang dari kota Palangkaraya. Mereka datang ke kantor saya dengan membawa sebuah sekantung plastik berisi Sarang Burung Walet yang sangat menarik perhatian saya. Begitu saya membukanya, ternyata memang benar, itu adalah sarang walet gigas yang sangat langka. Liurnya tebal dengan warna coklat yang berpadu dengan rumput kering dan bulu lainnya. Saya memberitahu kepada keduanya bahwa itu bukanlah sarang walet, melainkan sarang burung yang mirip dengan walet. Sayangnya, Sarang Burung Walet ini tidak memiliki nilai ekonomi atau tidak dapat dijual di pasar karena tidak dapat dikonsumsi. Namun, saya tetap mengapresiasi keindahan dan keunikan sarang tersebut.

Baca Juga: Suara Panggil Walet Sebagai Alat Bantu Ternak Sarang Walet

Bagaimana belahan dunia harus menindak lanjuti dampak dari kehadiran spesies invasif yang merugikan ekonomi dan lingkungan? Apakah ada teknik pengusiran tertentu yang dapat digunakan untuk mencegah kerugian yang lebih besar akibat serangan spesies invasif?.

Dia mengungkapkan bahwa burung walet gigas telah membuat sarang mereka di sudut teras ruko dan teras gudang selama beberapa waktu. Setiap harinya, oleh karena itu, kotorannya tersebar di lantai sebagai konsekuensi alami dari keberadaannya.


Jika Anda ingin mengusir walet gigas yang kerap bersarang di sudut teras rumah Anda, sebenarnya tidaklah sulit. Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah dengan membersihkan sarang walet gigas dari tempatnya, lalu mengoleskan vaselin ke bagian tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuat tempat tersebut berbau kurang sedap dan becek, sehingga walet gigas tidak berminat untuk kembali bersarang di sana. Tidak hanya membersihkan sarangnya saja, karena jika hanya demikian maka walet gigas masih bisa datang dan membuat sarang kembali. Oleh karena itu, vaselin menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mengusir walet gigas dari sudut teras rumah Anda.

Baca Juga: Jasa Cuci Walet Sebelum Siap Konsumsi

Kini, beliau berdua telah berpulang ke Rahmatullah. Saya yang ditugaskan untuk mengelola Gedung Walet milik mereka, termasuk yang terletak di Jalan RTA Milono Palangkaraya. Meskipun begitu, hingga kini gedung itu masih terus produktif dan menjadi sebuah warisan keluarga yang memberikan berkah.

Comments

Popular Posts